Welcome To Our Website, Anekatips.info

Monday, July 13, 2009

Paypal Paypal | Mengenal paypal. Apa sebenarnya paypal itu?. Kebanyakan dari para blogger sudah mengetahui apa itu paypal dan apa kegunaannya. Tapi saya yakin para pemula belum mengetahui apa itu paypal. Bagi yang sudah ahli harap kasih masukannya ya, maklum saya juga masih newbie. Paypal adalah situs perbankan online yang ada di dunia. Fungsinya hampir sama dengan bank online, dimana kita bisa memiliki sebuah rekening yang bisa digunakan untuk megirim dan menerima uang. Apakah paypal itu aman?, tentu saja. Hampir seluruh pengguna internet di dunia ini memiliki account paypal. Sesuai dengan slogannya yaitu "mudah, cepat dan aman". Saya akan sedikit bercerita tentang sejarah dari paypal.



Perusahaan Paypal (Paypal corp.) seperti yang dikenal sekarang adalah penggabungan antara perusahaan Confinity dan X.com pada tahun 2000. Confinity didirikan pada desember 1998 oleh Peter Thiel dan Max Levchin, awalnya sebagai alat pembayaran Palm Pilot dan sebagai perusahaan kriptograpi (ilmu pembacaan sandi, tulisan-tulisan atau angka-angka rahasia).
Sedangkan X.com didirikan oleh Elon Musk pada maret 1999, yaitu perusahaan penyedia jasa perencanaan keuangan. Kedua perusahaan lokasi pertamanya adalah kantor di 165 University Avenue di Palo Alto, California, rumah dari beberapa pemula di Silicon Valley.

Melihat masa depan PayPal yang menjanjikan, ebay menyimpulkan PayPal cocok digunakan sebagai perantara pembayaran lelang online mereka. Sebelumnya, ebay telah membeli Billpoint pada bulan Mei 1999 dan menjadikannya sebagai perantara pembayaran satu-satunya yang diakui oleh ebay walaupun pilihan untuk menggunakan metode pembayaran lain masih diizinkan. Pada bulan Februari 2000, rata-rata ada sekitar 200.000 penawaran barang per hari yang menggunakan PayPal, sedangkan yang menggunakan Billpoint hanya mencapai 4.000 penawaran saja. Bahkan pada bulan April 2000, sudah ada lebih dari satu juta penawaran yang menggunakan PayPal.

Akhirnya pada tahun 2002, ebay mengakuisisi PayPal seharga US$ 1,5 miliar. ebay belakangan menghapus layanan pembayaran melalui Billpoint untuk meningkatkan potensi PayPal. Banyak pesaing utama PayPal yang akhirnya bangkrut atau dijual, seperti Citibank C2IT yang ditutup pada akhir 2003, Yahoo! PayDirect yang tutup pada akhir 2004, dan layanan BidPay milik Western Union yang ditutup pada tahun 2005. Pesaing PayPal lain yang masih bertahan hingga sekarang antara lain adalah AlertPay, e-gold, Kagi, dan Moneybookers.

Pada kuartal pertama 2006, total transaksi yang dilakukan melalui PayPal mencapai US$ 8 miliar, meningkat 41% dari tahun ke tahun.

Sumber : Wikipedia



Are you like article about Paypal | Mengenal sejarah paypal ?. Share with your friend on Facebook.com , Twitter.com, Stumbleupon.com