Welcome To Our Website, Anekatips.info

Tuesday, July 14, 2009

Tips-Tips Perawatan Komputer. Merawat komputer sangat penting, apabila pemilik komputer tidak menjaga dan merawat komputer miliknya maka dijamin komputer tersebut idak akan bertahan lama. Bisa juga dikatakan tampilan komputer menggambarkan pemiliknya (benar ga ya? heheheh...). Merawat komputer tidak begitu sulit dan tidak membutuhkan biaya yang besar. Cukup dan langkh-langkah sederhana tapi tetap teratur maka komputer yang kamu miliki akan awet. Bagaimana langkah-langkah dalam perawatan komputer ini?. Ok langsung aja kita masuk ke topik pembahasannya. Ada beberapa tips yeng perlu diperhatikan sehubungan dengan penggunaan komputer agar lebih aman dan awet diantaranya adalah.



1. Sediakan UPS, Sering kali tegangan listrik turun-naik atau bahkan mati tiba-tiba akan berdampak kurang baik pada PC , terutama PC yang sudah lama, akan mengakibatkan rusaknya Power Supply, rusaknya Hardisk, bahkan Morherboard.

2. Stavolt, Untuk UPS yang sudah termasuk stavolt (penstabil naik-turun tegangan) tidak bermasalah, tetapi yang tidak termasuk stavolt di dalamnya maka lebih baik disediakan stavolt tambahan sebagai stabilizer, sehingga walau tegangan listrik naik-turun pun, tidak mengganggu keamanan komputer sendiri.

3. Bersihkan dari debu, biasanya CPU tower di taruh di samping meja user, di letakan dilantai sehingga kemungkinan masuknya debu kedalam CPU besar sekali, Debu sebagai penghantar panas, sehingga apa bila komponen CPU , misalnya Prosesor, walau tersembunyi debu bisa masuk juga, memori/ RAM sering kali kena debu, dan kerja komputer jadi ngadat, hang atau bahkan komputer tidak bisa dinyalakan timbul suara beep…. maka check dan segera bersihkan lah kompenen tersebut , pasang kembali dan nyalakan.

4. Hindari kena Air, tidak menutup kemungkinan keyboard tersiram air minum. Pernah kejadian keyboard saya kena air tanpa sengaja, akhirnya terjadilah konseleting pada lempegan di dalam keyboard , walau sudah dibersihkan dan dijemur sekalipun tidak bisa diperbaiki, sehingga perlu ganti baru.

5. Voltase, Untuk di Indonesia voltase memakai 220 volt, tapi untuk komputer produk Jepang masih 110 volt, sehingga bila menyalakan komputer produk Jepang, jangan lupa sediakan adapter untuk menurunkan voltase dari 220 ke110 volt. kalau tidak wah….kebakar pasti!…

6. Sengatan petir, untuk daerah rawan petir, terutama jaringan komputer yang terhubung menara yang tidak dilengkapi penangkal petir, berbahaya bila terkena petir akan merembet keseluruh jaringan. karena itu sediakan penangkal petir lebih baik.

7. Jauhkan dari medan magnetik, medan magnetik bisa mengganggu performa CPU juga monitor.

8. Demi keamanan data serta system komputer, Pasrikan sudah ada Antivirus dan selalu di update.

9. Pastikan pula ada program utilities tambahan untuk menghapus sisa registry dan sampah dari internet (cokies).

Sumber : IdShavoong.com



Are you like article about Tips-Tips Perawatan Komputer ?. Share with your friend on Facebook.com , Twitter.com, Stumbleupon.com

ajay said...

wah si bos ini inpo nya, slalu ok. boleh di coba nih
btw link nya dah ku pasang thx bro..

Aneka Tips said...

Makasih ya dah pasang link backnya...

Anonymous said...

mksh tips ny bro...!!!!!!!!!!!!!!1

smadav said...

Terimakasih banyak kawan, saya lagi nyari dan butuh cara-cara merawat dan memperbaiki kompi neh.. salam kenal ya
@ smadav juni 2010.

sewa laptop said...

Good!
maksih ilmunya

iman said...

blognya bagus, jangan lupa ya mampir di website saya.