Welcome To Our Website, Anekatips.info

Monday, July 13, 2009

Cara membuat martabak manis. Teman-teman pasti sudah tahu dengan yang namanya martabak manis bukan?. Makanan yang sangat populer dan digemari oleh berbagai kalangan. Pernahkah terlintas di pikiran kamu untuk membuat martabak manis?. Kaya'nya pernah tapi takut gagal hehehe. Sekarang saya akan memberikan tips cara membuat martabak manis. Caranya sangat sederhana dan dijamin bisa. Tapi perlu ketelatenan dalam proses pembuatan. Pilih ragi kualitas baik agar martabak manis dapat mengembang dan terbentuk serat ataua pori-poti kue yang lembut. Memang awalnya terlihat sulit, ya belum dicoba sih. Mending langsung baca aja cara membuatnya...



Bahan Kulit:

500 g tepung terigu protein sedang/cap segitiga biru
600 ml air
2 butir, kocok lepas
1 sdm margarin, lelehkan
2 butir telur ayam, kocok lepas
125 g gula pasir
½ sd ragi instan
1 sdt baking powder
½ sdt vanili bubuk/vanilla pasta
½ sdt garam halus
Bahan Isi:
100 g keju cheddar, parut
60 ml susu kental manis putih

Cara Membuat:

1. Kulit: Campur tepung terigu, gula pasir, ragi instan, garam, telur, margarin dan vanili. Aduk rata. Tuang air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga tercampur rata.

2. Kocok adonan dengan mixer selama 5 menit. Diamkan selama 40 menit. Tambahkan baking powder, aduk rata.

3. Panaskan wajan martabak manis atau wajan datar anti lengket beralas tebal yang telah diolesi dengan sedikit margarin. Tuang adonan, ratakan. Masak hingga terbentuk kelembung-gelembung. Tutup dan masak hingga matang. Angkat.

4. Olesi permukaan martabak manis dengan margarin. Taburi dengan keju cheddar parut dan susu kental manis. Lipat menjadi dua sehingga berbentuk setengah lingkaran. Dinginkan.

5. Potong-potong kue, atur di dalam piring saji. Hidangkan.
Untuk ± 4 loyang

Tips: Selagi panas, olesi permukaan luar dan dalam martabak dengan margarin agar kue tetap lembab. Agar punggung kue tidak pecah, lipat kue selagi panas. Isi keju bisa diganti dengan meises, cincangan kacang tanah sangrai dan susu kental manis cokelat.


Sumber : BudiBoga



Are you like article about Cara membuat martabak manis ?. Share with your friend on Facebook.com , Twitter.com, Stumbleupon.com

mie_anggun said...

;)

Anonymous said...

mau dong martabaknya...;))

haris said...

hmm enak tuh kayana..

Anonymous said...

apa ada menu lain.....

Anonymous said...

wahh "martabak".. can i make it in a pan?? not in a "martabak" pan as usual.. because it quite hard to find it..
ememe..e.e..
"martabak" or "terangbulan" is delicious, but the taste or flavor of "KEJU TOK NDAK PAKE DOANK"
viva cheeseeeee.ee..e.e.e.e.